Seminari Menengah Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah adalah sebuah tempat dimana orang dari berbagai suku, bahasa, dan ras bersatu dalam keunikan diversitasnya mengejar sebuah tujuan yaitu Imamat Mulia juga demi memajukkan dan membangun bangsa menjadi lebih mendalam dalam sikap rasional yang humanis. Selain daripada pendidikan calon imamnya, seminari yang paling tua seindonesia ini pun membina kehidupan para peserta didiknya melalui budaya literasi. Kekayaan literasi yang ada membawa para insan kreatif untuk terus mencipta dan mengembangkan rasa humanis. Kata-kata tak berarti apa-apa bila tidak tertuang dalam sebuah karya literatur. Inspirasi dan makna akan semakin tergambar dengan jelas di tengah kebiasan dunia modern jaman sekarang ini hanya melalui sebuah buku luar biasa yang dibaca secara intensif dan kompetentif di masa senggang maupun sebagai waktu rehat bagi mereka yang lelah berkata sepanjang hari.

waktu rehat bagi mereka yang lelah berkata sepanjang hari.

            Kita tidak harus menjadi seorang bibliophile untuk bisa menikmati sebuah buku. Buku adalah sebuah jendela pengetahuan yang dapat membantu siapa saja melihat lautan luas yang menakjubkan dari nilai-nilai kehidupan sepanjang sejarah yang pernah ada. Semua orang mampu untuk mencapai nilai-nilai kehidupan itu hanya melalui bacaan sederhana yang bahkan mampu mengubah orang biasa menjadi luar biasa, contohnya seperti St. Agustinus yang hidupnya berubah total melalui sebuah bacaan dari suara yang memanggilnya, “ Tolle, Lege.” Yang berarti ambillah dan bacalah.

Tidak hanya menyediakan tempat untuk membaca secara formal yang harus selalu diam saat di perpustakaan, baru-baru ini mucullah forum Pojok Literasi sebagai sarana alternatif bagi mereka yang ingin mendiskusikan sesuatu secara santai dan fleksibel. Kami percaya dengan adanya Pojok Literasi ini dapat meningkatkan minat baca para seminaris juga dapat mengembangkan “Aha!” momen dari pikiran terdalam setiap pribadi yang akan membuatnya semakin berkembang dalam kekreativitasan, integritas, dan kompetensi dalam berbagai bidang formal dan informal. Salam semangat untuk para pembaca. VSD