|

Integrated Learning Membangun Daya Kritis Siswa Berpikir Komprehensif

Integrated learning yang dilakukan pada hari Senin, 27 Februari 2023 di kelas XI IPS SMA Seminari menarik perhatian dan motivasi belajar siswa untuk mendalami sebuah tema dari berbagai sudut pandang ilmu pengetahuan. Tema integrated learning yang dikembangkan adalah gempa bumi Turki-Syria yang dikaji dari mata pelajaran sosiologi, PPKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, matematika, dan ekonomi.

Dalam proses pembelajaran, video stimulus gempa Turki-Syria dan pertanyaan stimulus dari masing-masing mata pelajaran memampukan siswa dalam olah rasa (hati), olah pikir, dan oleh kehendak dalam komitmen dan niat-niat baik siswa dalam kerangka menghadapi bencana terkhusus gempa bumi.

Siswa diajak untuk menghitung skala richter gempa dari pembelajaran matematika, menemukan strategi atau dasain program sebagai problem solving bencana gempa yang terjadi baik strategi preventif maupun kuratif yang menjadi bahan pengolahan mata pelajaran PPKN dan ekonomi, explanation text tentang gempa bumi dan seluk beluknya untuk pelajaran Bahasa Inggris, menganalisis dan mengevaluasi secara kritis tanggapan masyarakat tentang gempa bumi Turki-Syria dari mata pelajaran sosiologi, dan resensi buku bertema gempa bumi dari mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Metode pembelajaran yang dikembangkan dalam integrated learning adalah metode diskusi kelompok dan pembuatan mind map dari hasil diskusi kelompok. Masing- masing kelompok mempresentasikan hasil mind mapnya sebagai hasil analisis kelompok di depan kelas. Integrated learning menumbuhkan daya kritis siswa untuk berpikir komprehensif.

Antonius Agus Sulistyono, S.IP., S.Pd. Guru PPKN SMA Seminari Mertoyudan

Similar Posts