Seminari Mertoyudan menggelar upacara Sumpah Pemuda di lapangan kantor Senin, (28/10/2019) pukul 06.45 WIB dan berjalan dengan hikmat. Upacara Ini dihadiri oleh Romo Rektor Leo Agung Sardi SJ, Romo Direktur Julius Mario Plea Lagaor SJ, serta seluruh Romo Pamong dan Subpamong beserta Bapak Ibu guru dan staf SMA Seminari Metoyudan.

Acara ini juga diikuti oleh seluruh seminaris Mertoyudan yang mengenakan baju putih abu-abu. Bertindak sembagai pembina Upacara yaitu Fr. Albertus Lililk Kurniawan Pr. Upacara ini juga dibacakan teks Sumpah Pemuda oleh pembina upacara yang diikuti oleh seluruh peserta upacara.

Ada dua hal penting dalam amanat pembina upacara. Pertama, bahwa peringatan Sumpah Pemuda yang ke-91 ini muncul karena kebersamaan, dan lewat kebersamaan akan tercipta sesuatu, warga seminaris juga diharapkan untuk lebih produktif berkarya dalam semangat kebersamaan. Kedua, Fr. Lilik menyinggung tentang kedisiplinan seminaris yang mulai berkurang untuk lebih ditingkatkan guna mencapai karakter calon imam yang lebih baik lagi.

Upacara ini ditutup dengan menyanyikan lagu bangun Pemudi-Pemuda yang dinyanyikan oleh seluruh peserta upacara serta beberapa pengumuman sekolah. Romo Direktur menyampaikan pengumuman agenda pada 31 Oktober 2019, Seminari Mertoyudan akan menjadi tuan rumah acara FLS2N dan MKKS Competition tingkat Kabupaten Magelang tahun 2019. Beliau mengajak seluruh warga seminari Mertoyudan untuk ikut menyukseskan acara tersebut dengan menjaga lingkungan dan sikap sebagai warga seminari.

Pengumuman berikutnya yaitu beberapa siswa yang telah berprestasi dalam lomba di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta yang diselenggarakan pada 25 Oktober 2019 lalu dengan meraih juara III lomba pidato atas nama Dominico Nararya Esrasika (Medan Utama), dan juara III debat bahasa Indonesia atas nama Alessandro Puta Lisdiyanto (Medan Utama), Fidelis Parmonang Sihotang (Medan Utama),dan Hilarius Prasetyo (medan Madya). pengumuman terakhir dari OSIS yaitu Juara resensi buku dan Juara Kedisiplinan kelas dan langsung diakhiri pemberian piagam dan hadiah langsung oleh Romo Direktur.