Percik Firman : Tahu Diri
Sabtu, 9 Januari 2021
Bacaan Injil: Yoh 3:22-30

“Dia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil” (Yoh 3:30)

Saudari/a ku ytk.,
Dalam masyarakat tak jarang ditemukan ada persaingan. Orang saling mencari pengaruh dan nama baik, agar makin banyak pengikut. Bahkan tak jarang dengan menghalalkan segala cara. Misalnya: menjelekkan seseorang, memfitnah atau menyebarkan berita bohong.

Dalam bacaan Injil hari ini kita diberi teladan sikap Yohanes Pembaptis. Sebagai tokoh yang sudah hadir lebih dulu di publik dan punya pengikut, Yohanes Pembaptis tidak merasa tersaingi dengan kehadiran Yesus. Dia tidak takut popularitasnya akan disaingi oleh Yesus.

Yohanes sadar diri. Dia bukan Mesias, tetapi dia tokoh yang diutus mempersiapkan jalan bagi Sang Mesias. Bahkan Yohanes menegaskan kepada para pengikutnya bahwa Yesus harus makin besar. Diungkapkannya dengan rendah hati, “Dia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil”.

Inilah teladan dari Yohanes Pembaptis bagi kita, bagaimana keegoisan diri tidak menguasai. Tetapi Yohanes justru bisa mengendalikan dirinya. Popularitas tidak membuatnya silau. Dia tetap sadar diri dan rendah diri.

Marilah kita mohon rahmat kebijaksanaan dan kerendahanhati dalam hidup ini. Berkah Dalem dan Salam Teplok dari Seminari Mertoyudan.

# Y. Gunawan, Pr