Senin (16/12/19) lalu, GOR Laudato Si menjadi tempat perhelatan “YPL Basketball Championship 2k19”. Pertandingan basket antar sekolah-sekolah Pangudi Luhur (PL). Peserta yang ambil bagian di dalamnya adalah siswa-siswi SMP PL di seluruh Indonesia. Namun, beberapa sekolah berhalangan hadir dikarenakan PAS yang sedang berlangsung.  Acara dimulai pukul 08.30 WIB dan sesuai rencana akan selesai pukul 16:00.

YPL Basket Ball 2019

Sebelumnya, lomba basket antar sekolah PL ini diadakan di SMA PL Van Lith, Muntilan. Namun, karena lapangan yang dipakai sebelumnya outdoor, beberapa pertandingan tertunda akibat hujan yang melanda Muntilan dan sekitarnya. Maka, dipilihlah Seminari menjadi tuan rumah untuk membantu penyelenggaraan hari ketiga (terakhir).

YPL Basket Ball 2019

Secara keseluruhan, terdapat 12 tim putra, 7 tim putri. Dari 19 sekolah tersebut, tersisa 6 sekolah yang bertanding dalam perempat final. Lomba ini bersifat inklusif sehingga terbuka terhadap sekolah-sekolah di luar PL. Beberapa di antaranya yang bukan termasuk ke dalam Yayasan Pangudi Luhur yaitu SMP Budi Mulia Yogyakarta, SMP Tarakanita Magelang, dan SMPK Karangturi.

YPL Basket Ball 2019

Br. Giwal, FIC selaku Rektor dan Kepala Sekolah SMA Van Lith menjadi penanggung jawab acara ini. Beliau menyatakan bahwa seminari menjadi alternatif penyelamat dari berbagai kegiatan. Seminari menjadi satu-satunya sekolah Katolik dengan fasilitas memadai di sekitar Karesidenan Kedu. Beliau juga bersyukur karena para romo (Imam) di seminari terbuka dalam membantu acara ini. Kedepannya, semoga banyak siswa yang juga tertarik untuk masuk seminari.